Berita AC Milan

Kaka Resmi Pensiun Dari Dunia Sepakbola

Playmaker Brasil ini memutuskan untuk meninggalkan sepakbola di usia 35 tahun.

Legenda AC Milan dan Brasil, Kaka, mengakhiri segala spekulasi soal masa depannya dengan mengumumkan pensiun dari dunia sepakbola pada Minggu (17/12).

Orlando City menjadi klub terakhir yang dibela oleh Kaka setelah pada Oktober lalu memutuskan untuk tidak melanjutkan kariernya bersama tim MLS itu. Ketika itu, ia belum menyatakan niatnya untuk meninggalkan sepakbola sebelum akhirnya benar-benar memutuskan untuk gantung sepatu dua bulan berselang.

Lewat akun Twitter dan Instagram miliknya, Kaka mengumumkan keputusannya ini. “Bapa, [karier] ini sudah lebih dari yang pernah saya bayangkan sebelumnya. Terima kasih! Sekarang saya siap untuk menjalani petualangan berikutnya. Dalam nama Yesus. Amin,” tulisnya.

Sepanjang kariernya yang terbentang dari 2001 hingga 2017, gelandang serang berusia 35 tahun itu telah menorehkan tinta emas. Ia berhasil menjuarai Piala Dunia 2002 bersama Brasil serta memenangi Serie A Italia (2003/04) dan Liga Champions (2006/07) bersama Milan.

Kaka juga tercatat sebagai pemain terakhir yang memenangi Ballon d’Or, yakni pada 2007, sebelum Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mendominasi penghargaan pemain terbaik dunia itu hingga kini.

Nama Kaka mencuat ke panggung sepakbola dunia ketika didatangkan Milan dari Sao Paulo pada 2003. Sinarnya sedikit meredup ketika memutuskan hijrah ke Real Madrid pada 2009, kemudian kembali ke San Siro di musim 2013/14. Ia juga sempat pulang sebentar ke Sao Paulo sebelum memulai petualangan baru di Amerika Serikat bersama Orlando City pada 2015.

Bersama timnas Brasil, Kaka menorehkan 92 caps dan 29 gol. Selain trofi Piala Dunia, ia juga meraih dua titel Piala Konfederasi (2005 dan 2009) di level internasional. Penampilan terakhirnya berseragam Selecao terjadi pada Mei 2016 lalu dengan tampil dalam kemenangan 2-0 atas Panama.

Kaka menjadi pemain top terbaru yang memutuskan untuk gantung sepatu di tahun 2017, mengikuti jejak Philipp Lahm, Xabi Alonso, Frank Lampard, Andrea Pirlo, hingga Francesco Totti.

Sumber Goal

Tags

Related Articles