Berita AC MilanBerita SelinganFoto

AC Milan Berbela Sungkawa untuk Borgonovo

Mantan striker AC Milan dan Fiorentina, Stefano Borgonovo, meninggal dunia dalam usia 49 tahun setelah cukup lama berjuang melawan penyakit Skelerosis lateral amiotrofik (ALS). AC Milan pun mengeluarkan pernyataan bela sungkawa atas tutup usianya mantan penyerang Rossoneri itu.

Ungkapan bela sungkawa pertama kali dilakukan oleh tim nasional Italia yang bermain menghadapi Spanyol di Semifinal Piala Konfederasi 2013, Jumat (28/6) dini hari WIB. Gli Azzurri mengenakan ban lengan berwarna hitam untuk mengenang Borgonovo yang pernah membela tim nasional sebanyak tiga kali.

AC Milan, klub yang pernah dibela Borgonovo, pun memberikan ungkapan bela sungkawa dalam rilis yang mereka keluarkan, di mana rilis itu berbunyi: “Semangat Stefano akan selalu bersama kami. Setiap orang di klub ini memikirkan istrinya, Chantal, dan anak-anak mereka, Andrea, Alessandra, Benedetta, dan Gaia. Mereka adalah keluarga yang harmonis dengan kekuatan dan ketabahan.”

“Ia adalah teman baik dari Carlo Ancelotti, Mauro Tassotti, dan Adriano Galliani, dan Silvio Berlusconi pun juga sangat dekat dengannya. Seluruh orang di Milan telah bekerja dengan yayasannya dan akan terus bekerja sama dengan Chantal untuk melakukannya meski sekarang Stefano tak lagi bersama kami,” lanjut pernyataan itu.

 

Stefano Borgonovo
Stefano Borgonovo

Ayah dari tiga anak ini didiagnosis menderita ALS pada 2006 silam, sebuah penderitaan yang kemudian ia sebut sebagai monster. Setelah itu, Stefano benar-benar lumpuh. Dari tempat tidurnya, Borgonovo menulis otobiografinya berjudul ‘Attacante Nato’ melalui komputernya yang hanya bisa ia kendalikan dengan matanya.

Setelah didiagnosis, Borgonovo mendirikan sebuah yayasan non-profit dalam namanya untuk meningkatkan kesadaran dan dana untuk melawan penyakit yang dideritanya.

Pada 2008, Milan dan Fiorentina saling berhadapan pada sebuah pertandingan testimonial dalam upaya membantu upaya mantan pemain mereka itu dalam melawan penyakitnya.

 Stefano Borgonovo

Borgonovo bersama Paolo Maldini dan Roberto Baggio dalam laga testimonial antara AC Milan dan Fiorentina

Selain bergabung dengan Fiorentina dan Milan, di mana ia juga pernah meraih gelar juara Eropa pada 1990, Borgonovo juga pernah bermain dengan Como, Sambenedettese, Pescara, Udinese, dan Brescia.

Tags

Related Articles